Pesan Sekarang
WA: 0812-1250-7648

Di artikel ini, saya akan membahas bahan kaos yang bagus yang bisa Anda gunakan di berbagai kesempatan dan enak untuk digunakan sehari-hari. Silakan Anda baca artikel ini sampai selesai agar Anda tidak salah dalam memilih bahan kaos yang akan Anda gunakan nantinya.

Tidak ada hal yang lebih berharga selain memiliki desain kaos yang baik, apakah itu untuk bisnis atau kegiatan kasual dan komunitas Anda. Di bawah ini ada beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih bahan kaos Anda agar Anda tidak menyesal nantinya.

Cotton Combed

Tidak diragukan lagi bahan cotton combed merupakan bahan yang paling enak dan paling banyak digunakan oleh berbagai komunitas yang akan melakukan pembuatan kaos. Bahan ini memiliki karakter yang awet dan lembut serta bahannya yang terjangkau oleh masyarakat.

Namun demikian bagi sebagian desainer kaos, jika dibandingkan dengan bahan lain, bahan kaos ini agak lebih mahal dibandingkan dengan jenis bahan lainnya.

Blends

Bahan kaos blends merupakan bahan kaos campuran dari dua atau lebih bahan kaos yang digunakan dalam sebuah produk kaos. Contohnya bahan polyester digabungkan dengan bahan katun sehingga membentuk karakter nyaman dan dingin saat digunakan.

Dalam beberapa produk juga akan kita temukan gabungan dari ketiga bahan-bahan tersebut seperti hal-nya rayon, katun, dan polyester.

Linen

Banyak yang bilang bahwa kaos dengan bahan linen ini merupakan bahan kaos yang lebih unggul jika dibandingkan dengan bahan dari katun. Alasannya adalah ketahanan bahan ini yang memiliki ketahanan lebih kuat sebanyak 30% dengan kemampuan tambahan berapa daya serap air yang tinggi sehingga bisa menyerap keringan lebih baik. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk penggunaan di hari panas yang sangat perlu menyerap keringat.

Penderita alergi terhadap bahan kaos juga tidak perlu khawatir, bahan linen ini umumnya merupakan bahan organik sehingga aman bagi Anda yang alergi terhadap bahan kain yang berasal dari bahan kain buatan atau sintetik.

Polyester

Bahan polyster merupakan salah satu bahan kain sintetis yang terbuat dari bahan kimia sejenis ethylene glycol dan terephthalic acid. Kaos dengan bahan ini memiliki keunggulan yaitu mudah dibersihkan, lembut, dan tidak mudah menyusut.

Lycra

Kaos dengan bahan lycra sering juga disebut spandex merupakan bahan kaos yang halus dan lentur di bagian permukaannya. Beberapa testimoni pengguna kaos dengan bahan ini menyatakan bahwa kaos ini sangat nyaman digunakan untuk berolahraga seperti halnya dalam olahraga yang membutuhkan gerak fisik banyak yaitu bersepeda atau berlari.

Modal

Bahan modal umunya terbuat dari bahan dasar serat kayu yang sangat lembut, sehingga bahan ini diketahui dapat menyerap keringat dengan baik dan memiliki aliran udara yang akan sangat bermanfaat bila Anda gunakan untuk pakaian di musim panas.

Nama lain dari bahan modal adalah plysonic. Selain kemampuannya menyerap keringat, bahan ini juga dapat dengan mudah dicuci baik menggukan deterjen ataupun dry cleaning. Karena bahannya yang licin, sangat dianjurkan menyetrikanya menggunakan setrika uap.

Supima Cotton

Bahan supima cotton atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai katun supima merupakan salah satu jenis bahan katun yang memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan jenis bahan katun lainnya. Kualitas ini juga ter-refleksi dalam harga jenis kaos dengan bahan ini yang jauh lebih mahal dengan kapasitas produksi yang terbatas.

Yang membuat mahal dari katun supima adalah jenis kapas yang digunakan adalah bahan kapas yang berasal dari Amerika. Bahan ini dipilih terutama karena teksturnya yang lembut dan warna dasar yang lebih cerah.

Rayon

Bahan rayon kadang disebut juga sebagai sutera buatan karena karakteristiknya yang memang mirip kain sutera. Namun jangan salah, bahan ini sepenuhnya terbuat dari material sintetik alias buatan manusia.

Karena ini bukan sutera sungguhan, maka harganya pun jauh lebih murah dari sutera asli. Karakter lainnya dari bahan rayon adalah kemampuannya yang baik dalam menyerap keringan sehinggan sering digunakan oleh para atlet juga karena kelenturan jenis bahannya.

Oxford Weave

Bahan pakaian oxford weave merupakan salah satu bahan yang direkomendasikan karena kualitasnya. Bahan ini umumnya terbuat dari material bulu domba tipe tertentu. Keunggulan dari bahan ini adalah ketahanannya yang lebih baik dibandingkan dengan jenis bahan katun. Demikian pula dengan harganya yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis bahan katun.

Bamboo Cotton

Jenis bahan bamboo cotton merupakan salah satu jenis bahan pakaian yang mulai banyak digunakan secara luas. Keunikan dari bahan ini adalah bahan dasarnya yaitu serat alami bambu. Keunggulan dari bahan ini adalah kemampuannya sebagai anti-bau dan anti-bakteri. Selain itu karena bahan dasarnya alami, bahan ini juga ramah lingkungan karena dapat terurai alami oleh tanah.

Terkait harga, bahan ini memang lebih mahal dibandingkan dengan katun biasa. Namun memiliki keunggulan tambahan yaitu lebih kuat, elastik, dan lebih nyaman untuk digunakan. Karena sifatnya yang anti-bau dan bakteri, jenis bahan ini banyak digunakan pada kaus kaki.

Kesimpulan

Dari berbagai pilihan bahan kain yang dituliskan dalam artikel ini, dapat diketahui bahwa setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan. Anda dapat mempertimbangkan fungsi dari kaos yang akan digunakan dan pasangkan dengan kebutuhan dari jenis bahan yang diperlukan, tentu juga dengan mempertimbangkan faktor ekonomis seperti hal-nya harga.

Demikian artikel mengenai bahan kaos yang bagus. Harapan kami semoga artikel ini dapat bermanfaat terutama untuk Anda para desainer kaos atau komunitas yang memerlukan desain bahan kaos yang baik.

Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut atau berkonsultasi dengan kami mengenai bahan kaos yang bagus, silakan kontak customer service kami melalui WhatsApp di 081212507648.